INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipoh Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah // Terwujudnya desa Kalipoh yang aman, sehat, cerdas, berdaya saing, berbudaya dan berakhlaq mulia

Among among ????

Among among ????

Among among ????

Among-among biasa dibuat pada saat memperingati hari kelahiran berdasarkan penanggalan jawa. Artinya, among-among akan dibuat setiap 35 hari sekali. Dalam penanggalan Jawa, terdapat lima hari pasar, yaitu pon, wage, legi, pahing, kliwon. Hari pasar ini dikalikan dengan tujuh hari dalam seminggu. Hasilnya adlah 35, atau dikenal dengan selapan.

 

Among-among merupakan wujud doa untuk seseorang yang masih hidup dan bersifat individu. Maksudnya adalah jika ada dua orang yang merayakan hari kelahiran sepasar, maka among-among yang dibuat berjumlah dua. Among-among berasal dari kata 'pamomong'. Artinya yang 'ngemong'/penjaga/pelindung/utusan/pengasuh jiwa raga. Pelindung yang dimaksud adalah malaikan utusan Tuhan.

 

Among-among bukan suatu hal yang wajib diadakan tiap 35 hari sekali. Kuncinya terletak dalam kemampuan seseorang. Jika tidak mampu membuatkan among-among, maka tidak menjadi masalah. Banyaknya jumlah komposisi yang diperlukan untuk membuat among-among secara lengkap, kini ada among-among dalam bentuk sederhana.

 

Jenang. Umumnya, jenang dibuat dari tepung beras atau tepung ketan. Dalam ubo rampe among-among, jenang biasanya dibuat tiga jenis. Masing-masing jenang memiliki makna filosofis tersendiri.

 

Jenang abang (merah) merupakan jenang yang diberi tambahan gula jawa. Biasanya akan terlihat berwarna kecoklatan sebagai pengganti merah.

 

Kluban

Kluban berisi sayur-sayuran hijau, antara lain kacang panjang, bayam, kubis, tauge, dan wortel. Kemudian sayur-sayuran ini juga dicampur dengan parutan kelapa (dibuat seperti urap).Hal ini berguna agar kluban terasa lebih gurih. Kluban merupakan tumbuh-tumbuhan yang hijau dan melambangkan kesuburan agar memperoleh banyak rezeki. Tujuan dari penggunaan hasil bumi ini adalah bersyukur atau berterima kasih kepada Tuhan.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter