INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipoh Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah // Terwujudnya desa Kalipoh yang aman, sehat, cerdas, berdaya saing, berbudaya dan berakhlaq mulia

Pengajian Selapanan Dusun Karang Cengis

Pengajian Selapanan Dusun Karang Cengis

Kalipoh. Selapanan adalah hitungan jawa yang berarti 35 hari. Masyarakat Dusun Karang Cengis Desa Kalipoh setiapam Malam Ahad Wage mengadakan pengajian selapanan secara bergiliran. Pengajian yang diadakan setiap selapanan sekali tepatnya di malam ahad wage. Pengajian Selapanan ini dilaksanakan secara bergantian di masing-masing wilayah RT di Dusun Karang Cengis.  Kyai. Muhammad Hamim Mustofa Menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan pengajian selapanan ini sudah dimulai sekitar 30 tahun yang lalu yang diprakarsai olek tokoh agama dan tokoh masyarakat karang cengis, “semoga acara selapanan ini bisa di teruskan oleh generesai di masa yang akan dating”, ucapnya.

Pengajian selapanan kali ini dilaksanaka di Rumah Bapak Yakun RT 04 / V yang di isi oleh Bapak Kyai Siswanto dari Argopeni Kecamatan Kebumen. Tujuan dari pengajian selapan adalah untuk mempererat silaturahmi antar warga NU. Melestarikan budaya NU, dikarenakan  organisasi islam yang berdiri tahun 1926 merupakan salah satu organisasi yang ada di Indonesia dan tidak ada di negara-negara lain.

Kegiatan rutin selapanan adalah kegiatan yang merupakan ciri khas bagi jama’ah NU,  Sebab dilihat dari pelaksanaannya kebanyakan dilaksanakan di luar ruangan (tempat terbuka). Selain itu sebelum acara inti dimulai, maka diawali dengan istighosah bersama untuk mendoakan arwah para shuhada dan keluarga yang meninggal dunia.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter