INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipoh Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah // Terwujudnya desa Kalipoh yang aman, sehat, cerdas, berdaya saing, berbudaya dan berakhlaq mulia

Booklet Pemanfaatan Hasil Limbah Peternakan Lebah

Booklet Pemanfaatan Hasil Limbah Peternakan Lebah

Booklet Pemanfaatan Hasil Limbah Peternakan Lebah

Budidaya lebah madu adalah suatu kegiatan pengelolaan atau pemeliharaan lebah madu yang bertujuan memperoleh hasil/produk lebah yang diharapkan.  Sedangkan pemanenan produk adalah kegiatan pemungutan atau pemanenan produk-produk yang dihasilkan dari lebah madu. Adapun produk yang dihasilkan antara lain : madu, propolis, bee pollen, royal jelly, dan malam/lilin. Madu Lebah Klanceng, Trigona spp, memiliki nilai jual tinggi. Lebah Klanceng yang merupakan jenis lebah spesial yang tidak menyengat menjadikan budidayanya merebah di Kampung Klanceng, Desa kalipoh, Kecamatan Ayah. Selain menghasilkan madu, produk lain yang dihasilkan dari budidaya lebah klanceng adalah propolis, bee pollen, royal jelly, dan malam/lilin.

Pemanfaatan limbah pada program kali ini diwujudkan dengan dibuatnya booklet yang mencangkup banyak fakta dan cara pengolahan limbah peternakan lebah klanceng. Peternakan lebah dapat menggunakan buku sebagai bahan bacaan dan juga sebagai acuan membuat sabun dalam memanfaatkan limbah. Booklet juga berisi cara pemasaran produk dan pengemasan untuk memudahkan UMKM berkembang.

Berikut booklet yang bisa langsung anda baca. Yuk disimak!

 

Anda juga bisa mengunduh booklet tersebut dengan menekan tombol di bawah.


Download Dokumen Terlampir :

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter