INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipoh Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah // Terwujudnya desa Kalipoh yang aman, sehat, cerdas, berdaya saing, berbudaya dan berakhlaq mulia

Masterplan Smart Village Kampung Klanceng Kalipoh Berdaya

Masterplan Smart Village Kampung Klanceng Kalipoh Berdaya

Masterplan Smart Village Kampung Klanceng Kalipoh Berdaya

Berbagai  potensi desa yang ada di Indonesia memiliki potensi untuk berkontribusi besar dalam menjaga  stabilitas nasional dari ancaman krisis ekonomi. Setiap desa di Indonesia memiliki potensi dan permasalahan yang berbeda sehingga untuk menanganinya diperlukan perlakuan sesuai  kemampuan setiap desa. Perlakuan pengembangan desa tersebut dapat dibantu dengan beberapa  konsep pengembangan desa, salah satunya adalah implementasi smart village. Smart village merupakan suatu konsep desa pintar yang mengadopsi komponen komponen atau indikator dari konsep smart city untuk diterapkan pada wilayah pedesaan  diantaranya untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan yang lebih baik  terhadap masyarakat (Rachmawati, 2020). Terdapat beberapa dimensi dalam smart city, namun  demikian dalam mengembangkan smart village beberapa dimensi yang perlu ditekankan adalah  1) pemerintahan yang smart (smart governance), 2) masyarakat yang smart (smart community),  3) ekonomi yang smart (smart economy), dan 4) lingkungan yang smart (smart environment).

Masterplan adalah rencana induk yang berupa dokumen perencanaan. Di dalam masterplan telah mencakup semua fungsi kegiatan dan dilengkapi dengan rencana sistem jaringan sarana serta prasarana. Bentuk rencana utama bisa berupa selembar kertas ataupun tersimpan dalam sebuah file digital yang ukurannya pun tidak terlalu besar. Masterplan smart village menitik beratkan perencanaan dari sudut pandang dimensi smart. Adanya Masterplan Desa Kalipoh dapat dijadikan rekomendasi pengembangan dan juga sebagai bentuk perencanaan terpadu yang dapat dilaksanakan dalam jangka waktu yang lebih terstruktur. Masterplan Smart Village Kalipoh diharapkan mampu menjadi awal pengembangan desa pintar di Kecamatan Ayah dan menjadi contoh bagi desa lain.

Berikut masterplan yang bisa langsung anda baca. Mari disimak bersama!

 

Anda juga bisa mengunduh masterplant tersebut dengan menekan tombol di bawah.


Download Dokumen Terlampir :

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter