INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipoh Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah // Terwujudnya desa Kalipoh yang aman, sehat, cerdas, berdaya saing, berbudaya dan berakhlaq mulia

Among among ????

Among among ????

Among among ????

Among-among merupakan tradisi yang sekilas mirip perayaan ulang tahun, namun pelaksanaannya menggunakan hitungan yang berbeda.Tradisi among-among ini sudah dilakukan oleh orang jawa secara turun-temurun sejak zaman nenek moyang. Di desa Kalipoh, tradisi ini masih dipegang teguh dan tetap dilestarikan keberadaannya. Perbedaan among-among dengan ulang tahun yaitu jika ulang tahun dirayakan setiap tahun sekali pada setiap tanggal kelahiran berdasar kalender umum, tapi jika among-among dirayakan menggunakan dasar weton kelahiran seseorang pada penanggalan jawa.

Dalam penanggalan jawa, dikenal adanya lima hari pasaran yaitu pon, wage, manis,  pahing dan kliwon. Lima hari pasaran ini jika dikalikan dengan tujuh hari dalam seminggu, maka hasilnya adalah 35 hari. Artinya, among-among akan diselenggarakan setiap 35 hari sekali atau yang biasa dikenal dengan istilah selapan dina.

Among-among dirayakan dengan makan bersama-sama oleh sekumpulan anak-anak kecil yang biasanya diundang terlebih dahulu untuk datang ke rumah anak yang sedang diamong-amongi, ini mirip tradisi kenduren yang dilakukan oleh orang-orang dewasa. Hanya saja among-among ini diselenggarakan lebih sederhana dan tidak mesti harus berpakaian rapi atau sopan sebagaimana kenduren atau ulang tahun. Among-among juga biasanya hanya diikuti oleh anak-anak kecil yang biasa bermain atau ditemui di lingkungan sekitar tempat tinggal anak yang diamong-amongi. 

Hidangan yang disajikan pada saat among-among biasanya berupa nasi putih, kluban, telur rebus yang dipotong kecil-kecil (biasane di bagi 4 bahkan lebih). Semua itu diletakan merata di atas tampah yang beralaskan daun pisang. Sedang di bawah tampah biasanya diletakan baskom berisi air dan daun tawa. Hidangan yang ada memang tidak ada patokan khusus, semuanya tergantung kemampuan yang punya hajat. Meskipun terlihat sederhana, hidangan tersebut akan terasa sangat nikmat karena dimakan bersama-sama. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter