INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipoh Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah // Terwujudnya desa Kalipoh yang aman, sehat, cerdas, berdaya saing, berbudaya dan berakhlaq mulia

Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Bagi Satlinmas

Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Bagi Satlinmas

Kalipoh. Badan penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kebumen menghadiri Pelatihan dan Pembinaan Keamanan, Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat (Siaga Bencana) yang di selenggarakan oleh Pemerintahan Desa Kalipoh Kecamatan Ayah.

Petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) mendapat pelatihan menangani bencana alam yang tujuannya agar nantinya dapat melakukan Assesment pada saat terjadi bencana di wilayah tempat tinggal mereka. Materi disampaikan oleh Badan Penanggulangan Becana Daerah Kabupaten Kebumen yang di wakili oleh Bapak Totok Ari Setyanto, S.Kom dan Bapak Heri. Pada saat sesi materi para peserta sangat komunikatif karena materi disampaikan dengan cara yang santai.

Kepala Desa Kalipoh, Sarudin mengaku para Linmas diharapkan dapat menyerap materi yang disampaikan oleh narasumber dari BPBD Kabupaten Kebumen agar para Linmas dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan pada saat terjadi bencana.

“Sebanyak 29 anggota Linmas aktif dilibatkan dalam pelatihan ini, para peserta juga melaksanakan Praktik Langsung dalam penanganan Bencana Kebakaran yang mudah-mudahan dapat menambah kemampuan para peserta” ungkapnya.

Pihak Desa berharap kegiatan ini dapat berkesinambungan agar kemampuan para Linmas dapat terus bertambah. “Mudah-mudahan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) Linmas semakin bertambah dalam menjalankan menjaga lingkungan warga” harapnya.

Peran Linmas sesuai Permendagri No. 26 Tahun 2020 adalah :

•      membantu dalam penanggulangan bencana;

•      membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat;

•      membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan;

•      membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu;

•      dan  membantu upaya pertahanan Negara.

 

Peran linmas dalam penanggulangan bencana :

·         Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan Dini;

·         Pengamanan;

·         Pertolongan Pertama Pada Korban dan Kebakaran;

·         Penyelamatan dan Evakuasi; dan

·         Dapur Umum.

 

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter