INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipoh Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah // Terwujudnya desa Kalipoh yang aman, sehat, cerdas, berdaya saing, berbudaya dan berakhlaq mulia

Sejarah Desa Kalipoh

Sejarah Desa Kalipoh

Desa Kalipoh adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah. Desa Kalipoh merupakan suatu wilayah yang strategis karena di Kelilingi Oleh kawasan perbukitan yang subur dan , sehingga Kalipoh akan lebih mudah dijadikan kawasan wisata Alam yang bagus untuk bisa dikembangkan, selain itu juga bisa dikembangkan untuk hasil pertambangan, pertanian dan peternakan. Selain sumber daya alam yang bagus Kalipoh juga memiliki sumber daya manusia (SDM) yang handal, hal itu dilihat dari semakin meningkatnya angka anak  yang melanjutkan sekolah sampai keperguruan Tinggi.

Dilihat dari sosial budaya, Penduduk desa Kalipoh 100% beragama islam, sebagian besar penduduk bermatapencaharian sebagai petani, pedagang,  Pegawai Negeri Sipil, Guru Honor, Karyawan dan sebagai buruh. Desa Kalipoh juga memimliki potensi yang sangat bagus untuk terus dikembangkan dan dilestarikan yaitu masih kuatnya masyarakat terhadap aturan Nagara, Agama (sara) dan Adat budaya local yang masih dipegang teguh oleh masyarakat. Salah satu contohnya masih adanya acara suranan dan juga budaya gotong royong yang sampai saat ini masih tetap lestari.

Sedangkan di bidang pendidikan Desa Kalipoh terdapat Lembaga Pendidikan Formal dan Non Formal diantaranya terdapat POS PAUD Kartini, RA Tarbiyatul Masyitoh, RA Nurul Huda Kalipoh, TK Pertiwi Kalipoh, MI Sultan Agung 1 Kalipoh, MI Sultan Agung 2 Kalipoh dan MTs SUltan Agung Kalipoh

Perkembangan dibidang keagamaan dibeberapa dusun/ kampung sudah cukup  maju, hal tersebut terlihat adanya PONPES, Mesjid, Mushola,Majlis Ta’lim dan TPA. Sedangkan hasil pertanian Kalipoh tidak kalah dengan desa lain, hal ini dibuktikan dengan banyaknya kelompok-kelompok tani disetiap dusun sebagai tanda utuk pertahanan pangan sesuai program pemerintah.

Di bidang perekonomian cukup berkembang, salah satu andalannya adalah Gula Merah/ Gula semut terutama, yang sudah bisa dijual keluar daerah, walaupun pada dasarnya harus ada perhatian serius dari pemerintah untuk perkembangannya, seperti pemasaran dan peralatan yang masih menggunakan alat yang tradisional.

Dalam hal keamanan desa Kalipoh terus mencoba utuk terus di tingkatkan, hal tersebut terlihat dari adanya POSKAMLING dan kegiatan Ronda. Sedangkan dalam bidang kesehatan sudah ada Puskesdes dan Posyandu, walaupun pada kenyataannya masyarakat masih banyak yang berobat keluar desa karena pelayanan yang ada masih belum maksimal.

Batas wilayah

·    Utara                 :    Desa Tlogosari    

·    Selatan              :    Desa Argopeni       

·    Timur                :    Desa Argosari dan hutan negara        

·    Barat                 :    Desa Argopeni dan hutan negara    

Luas wilayah               : 520 hektar

Jumlah penduduk        : 3.515 Jiwa

·    Perempuan        : 2.190 jiwa

·    Laki – laki         : 1.325 jiwa

·    Jumlah KK        : 920 KK

Ketinggian

·    …………..meter diatas permukaan laut

Curah hujan

·    ……………. mm/tahun

Mata pencaharian penduduk

·    Petani

·    Nelayan

·    Buruh

·    Pedagang

·    Karyawan

·    Pegawai Negeri Sipil, TNI, Polri

Pemeritahan

·    Dusun                                        : 5

·    Rukun Warga (RW)                  : 5

·    Rukun Tetangga (RT)                : 28

Sarana keagamaan

·    Masjid                                        : 6 unit

·    Mushola                                     : 22 unit

·  Pesantren                                   : 1 unit

·    TPA                                           : 4 Unit

Sarana Pendidikan

·    TK ,RA                                          : 3 unit

·    PAUD                                       : 1 unit

·    Sekolah Dasar (SD/MI)             : 3 unit            

·    Madrasah Tsanawiyah               : 1 unit

Sarana kesehatan

·    Posyandu                                   : 6 unit

Sarana olah raga

·    Lapang sepak bola                     : 1 unit

·    Lapang Volley                           : 10 unit

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter