INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipoh Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah // Terwujudnya desa Kalipoh yang aman, sehat, cerdas, berdaya saing, berbudaya dan berakhlaq mulia

Kenari di Gemulung dan Kalikumbang

Kenari di Gemulung dan Kalikumbang

Ingat Pohon kenari, ingat Salah satu kota di Jawa Barat yang di Juluki sebagai Kota Hujan. Bukan hanya karena pohon ini banyak dijumpai sebagai peneduh jalan di Kota Hujan itu, namun juga dikenal karena bijinya digunakan sebagai barang kerajinan atau cenderamata khas dari Kebun Raya Bogor.

Kenari yang memiliki nama binomial Canarium indicum, L., itu, adalah tumbuhan berpotensi ekonomi. Karena luasnya penyebaran itu, seperti dapat dibaca di Wikipedia, kenari pun dikenal dengan berbagai nama lokal.

Di Indonesia, sebaran tumbuh alaminya adalah di daerah Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Papua. Kenari dengan nama ilmiah Canarium indicum, L., ini tumbuh di dataran rendah hutan hujan tropika, namun dapat dibudidayakan pada ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan air laut.

Dalam beberapa tahun kedepan hutan di wilayah Desa Kalipoh dan sepanjang tepian sungai akan di tumbuhi pohon yang fenomenal tersebut. Pengadaan bibit tersebut merupakan hasil pemberian dari komunitas MAPALLA Kabupaten Kebumen ( Bapak Ahmad Basuki )  beliau merupakan tokoh dalam pembudidayaan pohon kenari di Kabupaten Kebumen. Pemberian skitar 200 batang bibit pohon kenari dan bibit lainnya dilaksanakan pada Hari Ahad Tanggal 1 Desember 2019 di lokasi pembibitan yang diterima langsung oleh Ketua LMDH Mitra Wana Bakti Barokah Desa Kalipoh yang yaitu Bapak Sumarwan, S.Pd.I dengan di dampingi beberapa anggota LMDH dan Pemerintah Desa Kalipoh.

Untuk tahap awal bibit kenari tersebut akan ditanami disekitar bukit GEMULUNG dan KALIKUMBANG yang merupakan tempat sumber mata air yang dinikmati oleh mayoritas warga di Desa Kalipoh dan desa-desa disekitarnya.

Dengan penanaman pohon ini diharapkan masyarakat akan tambah peduli dengan alam sekitar dan bisa menjaga sumber mata air dari kekeringan yang selama ini di alami oleh warga Desa Kalipoh, ucap dari Ketua LMDH tersebut.

LMDH bersama pemerintah desa, kelopmpok tani, karang taruna, dll sedang merencanakan akan menanami juga pohon Mbulu, Gayam, Saman, dan Gondang dan tidak menutup kemungkinan akan menanawi bibit pohon yang produktif untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan  Ini wujud nyata kepedulian terhadap alam sekitar dari lembaga bersama masyarakat sekitar Gemulung dan Kalikumbang, imbuh ketua LMDH.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter