INFORMASI :

Selamat Datang di Website Resmi Desa Kalipoh Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Provinsi Jawa Tengah // Terwujudnya desa Kalipoh yang aman, sehat, cerdas, berdaya saing, berbudaya dan berakhlaq mulia

Pelatihan Pembuatan Produk Turunan Madu Klanceng

Pelatihan Pembuatan Produk Turunan Madu Klanceng

(Kalipoh, 21-23 Desember 2020), Pelatihan produk turunan madu, hari pertama dan kedua di isi oleh Teguh Waluyo dan andi Lesmana dari Prawita Garden yang beralamat di Desa Darmakradenen Kecamatan AjiBarang Kabupaten Banyumas. Pemateri ini memiliki usaha pengelolaan lebah madu klanceng dari hulu sampai hilir.  Dihari Pertama focus materi pada Lebah, Lingkungan , konservasi dan ketersediaan pakan. Pemateri menekankan pada pola budidaya lebah  Klanceng berkelanjutan yang harus memikirkan kelestarian lingkungan tidak hanya hasil dan ekonomi an sich.
Andi lesmana menyampaikan terkait jenis pakan yang mengandung pollen, nectar dan resin . Ketiga unsur ini sangat dibutuhkan dalam budidaya lebah klanceng agar dapat berjalan dengan sukses. Penyampaian materi ini  di sampaikan dalam beberapa kategori yaitu kategori tanaman perkebunan, Tanamana Pagar , tumbuhan kayu- kayuan , tumbuhan liar, tanaman sayuran dan tanaman buah- buahan. Dari kategori tersebut di jelaskan mana saja yang mengandung pollen, nectar dan resin. Hal ini membuat para peternak lebah klanceng diKalipoh semangat untuk menanam makanan yang menunjang produktivitas madu.
Hari Kedua Teguh waluyo dan Andi Lesmana menyampaikan pola bisnis yang  bisa dikembangkan dari hulu sampai hilir sesuai pengalaman yang dijalankan di Prawita Garden dan pola kemitraanya. Mulai dari pembibitan lebah Klanceng, Tanaman pakan , Produk madu sampai turunan madu. Selama ini ada limbah propolis dan sisa perasan madu yang bisa dimanfaatkan dan memiliki nilai ekonomi. Pada kesempatan ini diajarkan praktek membuat obat luka dari propolis dan formula pelapis kayu berbahan propolis. Selain itu diajarkan juga membuat propolis balok agar sisa perasan madu tidak mudah menjamur. 
Hari ketiga pemateri Fatihul Umam menyampaikan terkait Teknik Panen dan Pasca Panen agar madu yang dihasilkan berkualitas. Disitu disampaikan pula Teknik panen lestari agar tidak terjadi kepunahan. Alat alat yang digunakan agar proses panen efektif juga dipaparkan dengan cara yang sederhana. Trubus Santoso dari pendamping pemberdaya Desa Kecamatan ayah menyampaikan tentang program pemerintah yang focus pada pengembangan produk unggulan desa. Beliau menyampaikan program dari kementrian desa dan daerah tertinggal dan akes penganggaran yang mungkin bisa dijalankan. Trubus menyemangati agar aktifitas budidaya lebah klanceng ini ditingkatkan, sudah banyak yang mengenal desa kalipoh sebagai penghasil madu klanceng.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Lebah Klanceng Terkait

Kebumen Terkini

Tim Validasi Beri Masukan Agar Geopark Kebumen Masuk Unesco Global Geopark
Berkunjung ke Kebumen, Jajaran Pemkab Buton Tengah Belajar Shrimp Estate
Pastikan Kesiapan Masuk UGGP, Geopark Kebumen Dapat Validasi Lapangan dari 3 Kementerian
Cegah Stunting, 905 Warga di Kebumen Dapat Bantuan Jamban dan Tangki Septik
Berikut 14 Ruas Jalan yang Tengah Dibangun Pemkab Kebumen

Arsip Lebah Klanceng

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2